Program Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Pasundan berdiri pada tanggal 15 Juli 2008 sesuai dengan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Nomor 2209/D/T/2008. Tokoh-tokoh yang terlibat dalam mendirikan Program Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Pasundan  adalah warga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan.

Program Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Pasundan didesain untuk memfasilitasi para guru matematika dalam jabatan yang ingin melanjutkan pendidikan untuk meningkatkan kualifikasi akademik dan kompetensi profesionalnya sebagai guru matematika.

Dalam masa rintisannya, Program Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Pasundan  juga sempat mengalami pasang surut, tetapi  tidak terlalu lama. Pada tahun-tahun pertama penerimaan mahasiswa baru, masih sulit untuk meyakinkan masyarakat bahwa Program Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Pasundan menyediakan pendidikan berkualitas. Hal ini karena belum ada mahasiswa sebagai model serta Program Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Pasundan belum terakreditasi.

Pada saat ini (2019) Program Magister Pendidikan Matematika ini baru menginjak tahun kesebelas dan telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi(BAN-PT) Nomor:0120/SK/BAN-PT/Ak-SURV/M/III/2016. Program Magister Pendidikan Matematika terus membangun prestasi dan meraih penghargaan. Selain itu, keterlibatan dalam kegiatan  masyarakat di tingkat nasional, seperti mengadakan seminar dengan mengundang guru-guru Matematika dari sekolah-sekolah di seluruh Indonesia dan mendatangkan pembicara dari luar negeri dari Singapura. Program Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Pasundan  juga kerap melakukan kerjasama dengan berbagai instansi, baik itu instansi pendidikan (National Institute of Education Singapore, Universitas Kebangsaan Malaysia, Srinakharinwirot University, Bangkok Thailand, UPI, ITB, Unpad, dan Universitas lainnya), pemerintahan (Dinas Pendidikan di Jawa Barat), dan media massa (Harian Umum Pikiran Rakyat, Harian KOMPAS) dengan mengadakan diskusi ilmiah sehingga menambah kepercayaan masyarakat  terhadap Universitas Pasundan(UNPAS), serta kepada Program Magister Pendidikan Matematika UNPAS.

Sejak Program Magister Pendidikan Matematika Universitas Pasundan didirikan, kini (2019) telah terdaftar 559 orang mahasiswa dan menghasilkan 464 orang lulusan. Animo masyarakat terhadap program ini mulai meningkat, terlihat dari banyaknya guru matematika yang mendaftarkan diri ke program ini. Para guru matematika yang diterima menjadi mahasiswa program ini datang dari kota-kota di Jawa Barat dan Banten  menjalani seleksi untuk pengembangan potensinya menjalani pendidikan pascasarjana. Saat ini Program Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Pasundan belum memiliki lulusan.